Selasa, 19 Juni 2012

PERATURAN PERTANDINGAN DOMINO/GAPLE



1. Para Gapler harus bersifat sportif.

2. Dilarang mengomentari batu buangan kawan dan lawan, melakukan isyarat, kode, sandi dan tindakan sejenis baik dengan ucapan atau tindakan yang mengarah ke jalanya pertandingan, bersikap kasar dan emosional.

3. Panitia berhak menegor, memperingatkan dan memotong nilai tim yang melakukan kecurangan sesuai derajat kesalahannya.

4. Pertandingan menganut sistim gugur dengan pola Two Winning Set (2 game kemenangan).

5. Arah putaran buangan batu berlawanan dengan arah jarum jam

6. Batu buangan jatuh pertama pada awal pertandingan adalah balak kosong, dan putaran ini sebagai putaran Warming Up/Pemanasan, selanjutnya batu buangan pertama pada putaran berikutnya adalah dilakuan oleh Gapler pemenang putaran pemanasan/warming up.

7. Pada putaran pemanasan belum ada penilaian, untuk putaran setelah pemanasan adalah putaran
dimulainya penilaian.

8. Batu buangan jatuh pertama pada putaran setelah terjadinya adu batu/gaple adalah sesuai batu gaple pada putaran terjadinya adu batu/gaple.

9. Batu buangan pertama pada tiap-tiap putaran dilakukan oleh gapler yang game (batu pegangan habis) lebih dulu pada putaran sebelumnya.

10. Setelah ada tim yang memenangkan satu game kemenangan, maka batu buangan jatuh pertama adalah sesuai skor saat itu.

11. Jika bandar/reste buang batu pertama dan gapler berikutnya pas/tidak punya batu bandar dan mitranya tidak punya batu dimaksud maka pembagian batu diulang, dengan catatan seluruh gapler mengetahui dan disaksikan bersama-sama.

12. Tim gapler yang menang menyiapkan kesiapan untuk pertadingan berikutnya dan mengambil batu pegangan terakhir bersama mitranya.

13. Penghitungan dan pencatan nilai mata gaple dilakukan bersama-sama dengan lawan tanding dengan sportif, jujur dan adil
14. Bagi gapler yang mendapat lebih dari 4 balak berhak meminta ulang pembagian batu gaple,jika belum terjadi satu putaran penuh. Jika telah terjadi satu putaran penuh buangan maka pertandingan tetap berlanjut.

15. Tim gapler harus hadir paling lambat 10 menit sebelum pertandingan dimulai. Apabila tidak ada keterangan keterlambatan dinyatakan kalah WO.

16. Bagi gapler yang mengajukan protes harus menyerahkan uang administrasi sebesar US $ 5 kepada panitia. Apabila protes diterima maka uang administrasi dikembalikan, apabila ditolak maka uang administrasi tidak kembali.

17. Mengadu batu/menggaple kepada gapler diatasnya secara individu,dianjurkan tiap-tiap tim saat bertanding mengenakan masker mulut dengan tujuan mencegah segala komentar yang mengarah ke jalannya pertandingan.

18. Keputusan panitia mutlak tidak dapat diganggu gugat, hal-hal yang belum tercantum dalam peraturan ini akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan memegang prinsip keadilan.

19. Pertukaran posisi bertanding dilaksanakan setiap terjadi 1 game kemenangan antara lawan tanding, pertukaran mitra tanding tidak ada ketentuan mengikat.

20. Jika dalam pelaksanaan pertandingan mengalami gangguan alam/keamanan atau lainnya,maka pertandingan akan di laksanakan tidak sesuai jadwal dengan prinsip tidak merugikan para gapler.
NILAI
Nilai Umum.

1. Jika salah satu Gapler game (batu habis lebih dulu) maka jumlah batu tersisa kecuali punya kawan / mitra dihitung jumlah mata gaplenya sebagai point/ nilai pasangan gapler yang game lebih dulu.

2. Jika terjadi gaple jumlah batu tersisa kecuali batu pegangan penggaple dihitung mata gaplenya sebagai point penggaple jika menang, jika penggaple kalah maka hitungan dikalikan 2 sebagai point tim gapler yang ter gaple.

3. 1 game kemenangan jika gapler telah memperoleh nilai 250.

4. Buka nilai pertama pada awal pertandingan minimal 25 mata gaple (Nilai murni), selanjutnya minimal 10 mata gaple ( Nilai murni ).

5. Jika pada putaran pertama mengalami “ kasuistik “ point kurang dari 25 nilai murni tidak di kali 2,Jika point lebih dari 25 nilai murni tetap berlaku nilai di kali 2.

6. Jika nilai tersusul (lebih satu point) maka nilai yang tersusul menjadi hangus (“0”), bagi pasangan gapler yang pernah hangus untuk buka nilai pertama pada babak tersebut minimal 10 mata gaple (nilai murni).

7. Jika terjadi gaple, jumlah mata gaple antara penggaple dengan tergaple berjumlah sama maka penggaple dinyatakan kalah tanpa menghiraukan jumlah batu.

Nilai Istimewa.

1. Masuk / Game 2 mata, mempunyai nilai 2 x lipat dari hitungan biasanya.


2. Yang dimaksud game/masuk 2 mata adalah batu buangan terakhir gapler yang game kedua ujungnya sama dengan kedua ujung batu buangan kecuali balak.

3. Balak kosong posisi mati mempunyai nilai 25.

4. Balak enam posisi mati mempunyai nilai 50.

5. Balak kosong masuk mempunyai nilai 50 ditambah nilai normal.

6. Balak enam masuk mempunyai nilai 200 ditambah nilai normal.

7. Yang dimaksud balak kosong dan enam masuk adalah balak kosong dan enam dibuang terakhir pada saat batu gapler habis / game.

8. Jika terjadi gaple/adu batu maka balak kosong dan enam posisi mati tetap mempunyai nilai normal.

5 komentar:

  1. Artikel nya bagus kak, saya suka hehhe.. Btw, kunjungi situs saya juga yahh kakk :)
    Kartu Dewa
    Meja Bandar
    Kontrakan Bandar
    Kamar Bandar
    Warung Bandar
    Rumah Bandar

    BalasHapus
  2. Jadi contohnya kalau tersisa 3 kartu dan musuh juga memiliki 2 kartu tpi memiliki jumlah yang sama, siapaka yang menang? Yg memiliki 3 kartu atau 2?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Jika bandr sudah menutup 2 kartu, tetapi poldan apakah itu bisa dinyatakan menang?

    BalasHapus